Apa Perbedaan Social Distancing dan Physical Distancing?

Sumber :pexels.com/cottonbro

Baru-baru ini, kita telah di hadapkan dengan sebuah wabah virus baru yang dapat menyerang saluran pernapasan, yang dapat menular melalui kontak fisik maupun tidak yaitu virus covid-19 atau dengan nama lain virus corona. Virus ini sendiri berasal dari kota Wuhan yang berada di negara China, bahkan virus yang kita kenal sebagai virus corona sudah menyerang lebih dari 170 negara. termasuk negara kita tercinta, Indonesia. dan Hingga hari senin (30/20/2020) pagi. data real time yang dikumpulkan oleh John Hopkins CSSE menunjukkan, angka kasus positif sebanyak 720.117 kasus dan memakan banyaknya angka kematian di seluruh dunia hingga mencapai 33.925 jiwa. dan 149.082 pasien telah dinyatakan sembuh.

Meski demikian, di Indonesia sendiri  yang sudah terpapar oleh virus ini dengan status positif mencapai 1.414 jiwa, serta yang meninggal dunia ada 122 jiwa. dan pasien yang dinyatakan sembuh ada 75 jiwa.
Penyakit yang sering kita dengar dengan sebutan virus corona atau covid-19 sini sudah menjadi virus dengan tingkat Global. Bahkan di Indonesia sendiri sudah mulai menerapkan Social Distancing sejak 13 maret 2020 lalu. Nah, ngomongin tentang social distancing kalian tau apa perbedaanya social distancing dengan physical distancing?

Wajib kalian semua ketahui bahwa, Social Distancing sendiri merupakan jaga jarak antara sesama dengan maksud atau mengarah untuk memutus hubungan sosial antar sesama dan sedangkan Physical Distancing itu merupakan sebuah tindakan atau perilaku dalam menjaga jarak aman antara individu namun bukan berarti juga kita memutus hubungan social dengan orang lain seperti halnya masih dapat berkomunikasi melalui smartphone atau alat komunikasi lainya.
Jadi, sekarang kalian sudah paham kan? apa perbedaanya social distancing dengan physical distancing.

Menjaga jarak aman itu sangat penting untuk menjaga diri kita agar tidak terpapar virus covid-19 atau virus corona, namun juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pada diri seperti mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker ketika kalian merasa kurang fit atau sedang dalam kondisi batuk, mengenakan lipatan tangan ketika kalian batuk dan bersin, hindari kontak fisik dengan orang sekitar dan yang menunjukan gelaja. hindari juga kerumunan, jika dirasa kurang penting untuk keluar rumah alangkah baiknya kita bekerjasama untuk tetap #dirumahaja agar meminimalisir penyebaran virus covid-19 ini.

Semoga kita selalu diberi kesehatan, dan kekuatan untuk menghadapi ini semua. Dan terimakasih khususnya kepada tenaga medis yang selalu berjuang di garda terdepan untuk melawan virus covid-19.

#himtifdirumahaja #stayhealthy #coronavirus


Penulis :Mochamad Iqbal Sanjaya, Rahmat Gifari
Editor : Mochammad Iqbal Sanjaya